Berbagi Pengetahuan Seputar Pendidikan | Berita | Metode Pembelajaran | Unik dan Menarik | Tips Tips

Pengertian Pembelajaran


Pengertian pembelajaran yang menurut penulis paling tepat adalah seperti yang dikemukakan oleh Mohamad Surya dalam bukunya yang berjudul Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran (2004 : 7). Dalam buku itu dinyatakan bahwa pengertian pembelajaran adalah :

Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara lengkap, pengertian pembelajaran dapat dirumuskan sebagai berikut : ”Pembelajaran ialah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
Masih dalam buku yang sama, diungkapkan bahwa ada beberapa prinsip yang menjadi landasan pengertian pembelajaran tersebut yaitu :

1. Pembelajaran sebagai usaha memperoleh perubahan perilaku.
2. Hasil pembelajaran ditandai denga perubahan perilaku secara keseluruhan.
3. Pembelajaran merupakan suatu proses.
4. Proses pembelajaran terjadi karena adanya sesuatu yang mendorong dan ada sesuatu tujuan yang akan dicapai.

Penulis: Hgs informasi Lokasi: Tarakan, kalimantan Utara

Artikel Pengertian Pembelajaran, diterbitkan oleh Hgs informasi pada hari Minggu, 17 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Hgs informasi adalah seorang penulis yang masih sedikit ilmunya tapi ingin berbagi. terima kasih sudah mau berkomentar di HGS INFORMASI . saya terima masukan atau kritik anda tentang Blog ini.

Artikel Terkait Pengertian Pembelajaran :

Terima kasih sahabat HGS INFORMASI

NO SPAM
NO LINK AKTIF