Berbagi Pengetahuan Seputar Pendidikan | Berita | Metode Pembelajaran | Unik dan Menarik | Tips Tips

MEKANISME PEMBELAJARAN TEMATIK

  • Hal yang harus kita perhatikan dalam proses pembelajaran tematik
  • 1. PROSEDUR UMUM PEMBELARAN TERPADU
  • 2. SETELAH KEGIATAN BERAKHIR MAHASISWA DIHARAPKAN DAPAT :1. MAKNA KEGIATAN PENDAHULUAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU2. MEMBERIKAN CONTOH BENTUK KEGIATAN PENDAHULUAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU3. MENJELASKAN MAKNA KEGIATAN INTI DALAM PEMBELAJARAN TERPADU4. MEMBERIKAN CONTOH BENTUK KEGIATAN INTI DALAM PEMBELAJARAN TERPADU5. MENJELASKAN MAKNA KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT DALAM PEMBELAJARAN TERPADU6. MEMBERIKAN CONTOH BENTUK KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
  • 3. KEGIATAN PENDAHULUAN1. Harus dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar2. Untuk menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif sehingga memungkinkan anak akan belajar dengan baik3. Dapat digunakan untuk memberitahukan gambaran umum materi yang akan dipelajari4. Harus direncanakan dengan seksama
  • 4. BENTUK-BENTUK KEGIATAN PENDAHULUAN1.Kegiatan awal pembelajaran :Kegiatan menyiapkan siswa yang berkaitan langsung dengan materi pelajaran yang akan dipelajari2. Kegiatan Pra Pembelajaran :Kegiatan menyiapkan siswa yang tidak langsung berkaitan dengan materi pembelajaran.
  • 5. KEGIATAN UTAMA PENDAHULUAN1.Penciptaan Kondisi Awal Pembelajaran :- Periksa kehadiran siswa- Menumbuhkan kesiapan belajar siswa (readiness)Belajar adalah proses aksi ↔ reaksi; stimulus ↔ respon, semakin banyak terjadi aksi tersebut akan semakin banyak pengetahuan terbangun.Terdapat 3 hukum belajar : hukum kesiapan, hukum pentingnya latihan, hukum penguatan- Menciptakan suasana belajar yang demokratisUntuk membangun keberanian siswa bertanya, menjawab pertanyaan, berpendapat, unjuk kerja
  • 6. - Membangkitkan Motivasi belajar siswaMotivasi menjadikan siswa akan bersemangat dalambelajar, apalagi siswa telah menyadari bahwa apayang dipelajari akan memberi manfaat dalamkehidupannya.Terdapat motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik- Membangkitkan perhatian siswaDigunakan untuk memusatkan energi dan psikis anakdalam kegiatan belajar. Perhatian akan terpusat bila…ada kepentingan langsung dg siswa dan punyakarakteristik yg berbeda dengan yang lain.
  • 7. KEGIATAN UTAMA PENDAHULUAN2. Memberi Acuan : Pemberian gambaran awal tentang materi ajar secara spesifik dan singkat yang akan dipelajari- Memberitahu tujuan yg diharapkan- Menyampaikan alternatif kegiatan yg akan ditempuh siswa ( misal menjelaskan tata cara diskusi, aturan dalam parktikum, menjelaskan referensi yag digunakan, dll)
  • 8. KEGIATAN UTAMA PENDAHULUAN3. Membuat Kaitan :- Agar materi ajar lebih menarik, karena materinya berkaitan dengan pengetahuan yg mereka miliki, berdasarkan pengalaman yg dihadapi atau sesuai dengan minatnya.- Mengingat kembali, mengulang kembali.- Menumbuhkan tanggapan lama yang telah dimiliki siswa sebelum memberikan bahan baru.- Mengajukan pertanyaan thd apa yg telah dipelajari- Menunjukkan manfaat materi yg dipelajari- Meminta siswa bercerita ttg pengalaman yg berkaitan dengan materi
  • 9. KEGIATAN UTAMA PENDAHULUAN4. Melakukan Tes Awal :- Untuk mengetahui penguasaan awal dari materi yg akan dipelajari- Digunakan untuk menentukan dari mana awal materi akan dibahas
  • 10. KEGIATAN INTI (Instruksional)Proses pembentukan pengalaman belajar siswaberkaitan dengan kemampuan yg diharapkandikuasai siswa secara terpadu yg dususun dandirencanakan guru dengan mengacu kurikulum ygberlaku. (Standar Kompetensi)
  • 11. KEGIATAN INTI (Instruksional)- Kegiatan mengorganisasi proses pembelajaran dengan berbagai metode/cara/teknik/pendekatan yg bervariasi yg memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar berkadar aktivitas tinggi.- Diharapkan terjadi perubahan perilaku pada siswa.- Pengaturan harus menganut prinsip efektif dan efisien ( dapat mencapai sasaran yg diharapkan dan dapat dilakukan dengan menggunakan sarana, waktu dan tenaga yg dimiliki)
  • 12. BENTUK KEGIATAN INTI (Instruksional)Faktor yg perlu diperhatikan dalam memilih strategipembelajaran :1.Tujuan-Setiap tuntutan penguasaan materi menuntutkegiatan pembelajaran yg berbeda(ketrampilan → latihan)(berpendapat → kesempatan berpendapat)
  • 13. BENTUK KEGIATAN INTI (Instruksional)2. Materi: -materi abstrak, berikan contoh-materi baru, lakukan demonstrasi atau penjelasan- Materi udah dikenal, kembangkan problem solving
  • 14. BENTUK KEGIATAN INTI (Instruksional)3. Siswa:-Perhatikan karakteristik dan jumlah siswa ( praktikum, pastikan alat dan bahannya tidak asing bagi mereka)4. Guru ; Kemampuan guru dalam proses ini juga perlu diperhatikan, jika kurang mampu tarhadapsesuatu hal dpt meminta bantuan teman lain sejawat.
  • 15. BENTUK KEGIATAN INTI (Instruksional)5. Fasilitas, Ruang dan Waktu :-Fasilitas yg tersedia dimanfaatkan serta disesuaikandengan kondisi siswa-Waktu yg tersedia harus dimanfaatkan denganefektif dan efisien dengan memilih strategi yg sesuai.-Penggunaan media :Mengkonkretkan yg bersifat abstrak, dapatmenghadirkan objek berbahaya, dapat menampilkanobjek yg besar atau yg kecil, memperlihatkan gerakanyg terlalu cepat)
  • 16. BENTUK KEGIATAN INTI (Instruksional)KEUNTUNGAN PENGGUNAAN MEDIA:-siswa dapat berinteraksi langsung dg lingkungan-Keseragaman dalam berpresepsi-Membangkitkan motivasi-Mengatasi keterbatasan waktu dan ruang-Menyajikan metari yg konsisten, dapat diulang-Menyajikan materi secara serempak bagi seluruhsiswa
  • 17. KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT-Untuk memantapkan materi yg telah dipelajari-Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaanpembelajaran yg telah berlangsung- Untuk mengetahui kompetensi mana yg telahdikuasai dan yg belum dikuasai- dilakukan dengan memberikan tes
  • 18. BNTUK KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT1.Kegiatan Akhir Pembelajaran-Meninjau kembali penguasaan siswa ( siswa dapatmerangkum atau membuat ringkasan materi ygdiajarkan)-Melaksanakan Penilaian (Post tes)2. Melaksanakan Tindak Lanjut Pembelajaran-Memberi Pekerjaan Rumah-Membahas kembali materi yg dianggap sulit- Menugaskan membaca materi pelajaran tertentu-Memberi motivasi- Menyampaikan materi berikutnya….

Penulis: Hgs informasi Lokasi: Tarakan, kalimantan Utara

Artikel MEKANISME PEMBELAJARAN TEMATIK, diterbitkan oleh Hgs informasi pada hari Sabtu, 15 Februari 2014. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Hgs informasi adalah seorang penulis yang masih sedikit ilmunya tapi ingin berbagi. terima kasih sudah mau berkomentar di HGS INFORMASI . saya terima masukan atau kritik anda tentang Blog ini.

Artikel Terkait MEKANISME PEMBELAJARAN TEMATIK :

1 komentar:

Terima kasih sahabat HGS INFORMASI

NO SPAM
NO LINK AKTIF