Berbagi Pengetahuan Seputar Pendidikan | Berita | Metode Pembelajaran | Unik dan Menarik | Tips Tips

Model pembelajaran Snowball Throwing

HGS INFORMASI . Model pembelajaran Snowball Throwing dibentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok unuk mendapat tugas dari guru, kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.


Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Snowball Throwing adalah 

Kelebihan Model Pembelajaran Snowball Throwing :
1. Melatih kesiapan siswa
2. Saling memberikan pengetahuan

Kekurangan Model Pembelajaran Snowball Throwing :
1. Pengetahuan tidak luas hanya berkutat pada pengetahuan sekitar siswa saja
2. Tidak efektif


Model pembelajaran Snowball Throwing

Membaca pemahaman dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh seorang pembaca untuk memahami informasi dalam bacaan. Dalam konteks pembelajaran di kelas, membaca pemahaman merupakan kegiatan menuntun siswa untuk dapat memahami isi bacaan secara tepat. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa diperlukan pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman, baik faktor yang berasal dalam siswa maupun faktor luar yang mendukung belajarnya. Pengetahuan tentang faktor-faktor itu merupakan salah satu alternatif dalam menjawab berbagai kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran.

Kesulitan-kesulitan tersebut diduga sebagai akibat dari pelaksanaan pembelajaran yang masih mengacu pada paradigma lama. Siswa dianggap orang dewasa dalam bentuk kecil sehingga tugasnya di sekolah hanya mendengarkan yang disampaikan guru. Mereka dianggap tidak lebih dari botol kosong yang menunggu disisi apa saja oleh guru. Sedangkan guru aktif dengan gaya birokrat dan instruktifnya. Dampaknya, proses pembelajaran tidak menyenangkan dan hasilnya pun tidak optimal.

Agar pembelajaran berhasil optimal, guru hendaknya menciptakan kondisi ideal dengan penuh kasih sayang, kehangatan, dorongan, dukungan, dan menganggap siswa sebagai mitra. Usia siswa SMP masih dalam kategori usia bermain. Oleh sebab itu, pembelajaran hendaknya dirancang agar mereka (seakan-akan) bermain, yaitu bermain dalam batas-batas pedagogik. Jika hal ini dapat diwujudkan, kesenangan dan kecepatan belajar dapat melekat erat pada siswa. Demikian pula halnya dengan pembelajaran membaca pemahaman, hendaknya dirancang secara menarik. Sumber bacaan pun harus mengacu pada bakat, minat, dan harapan mereka sehingga pembelajaran menjadi interaksi yang bermakna. Bermakna jika berkesan, berkesan jika melibatkan seluruh indera mereka.

Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, muncul ide “Teknik Melempar Bola Kertas untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Teks Bacaan”. Teknik ini merupakan salah satu teknik inovatif yang dirancang dalam bentuk siswa saling lempar bola kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan bacaan dengan warna bola kertas yang berbeda-beda, 

sesuai dengan tingkat kesulitannya. Cara seperti ini, di samping menyenangkan juga bermanfaat dalam mengembangkan nalar dan daya kreatif. Keistimewaan teknik ini adalah mampu  melibatkan  seluruh  siswa karena mereka akan bermain dalam kelompok-kelompok kecil. 

Fenomena ini berangkat dari asumsi dasar bahwa pada hakekatnya siswa usia SMP masih senang bermain, dan mereka pun dapat diajak untuk belajar sambil bermain. Selain itu, permainan ini mampu merangsang daya pikir siswa, inovatif, kreatif, dan kritis, sehingga mereka mampu memahami pesan yang terdapat dalam bacaan. Respon-respon positif yang timbul secara komunikatif, merupakan hasil dari permainan yang dirancang  dan  diatur  secara  menarik dan sistematis. Dengan permainan ini, pembelajaran menjadi menyenangkan. Hasilnya pun meningkat hingga mencapai 90,6% tuntas.

Penulis: Hgs informasi Lokasi: Tarakan, kalimantan Utara

Artikel Model pembelajaran Snowball Throwing, diterbitkan oleh Hgs informasi pada hari Minggu, 22 November 2015. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Hgs informasi adalah seorang penulis yang masih sedikit ilmunya tapi ingin berbagi. terima kasih sudah mau berkomentar di HGS INFORMASI . saya terima masukan atau kritik anda tentang Blog ini.

Artikel Terkait Model pembelajaran Snowball Throwing :

5 komentar

kelemahan dan kelebihan dari metoda yang digunakan dalam penyampaian tentu hal yang biasa, tapi jika kurang efektif kenapa juga metoda snowball throwing ini diada-adain ya

Balas

untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru kang cilembu :D

Balas

sy setju dg HGS ,,,,hhehe :)

Balas

setuju setuju aja si akang mah hahaha :D

Balas

Sayangnya ga efektifnya tinggi banget kira-kira cara pembelajaran yang efektif apa aja mas?

Balas

Terima kasih sahabat HGS INFORMASI

NO SPAM
NO LINK AKTIF