Label:
Kumpulan METODE,
Metode Pembelajaran
Dalam metode ini guru memberikan kepercayaan kepada salah satu siswa yang dianggap mampu untuk menyampaikan materi kepada teman kelompoknya.Langkah-langkah pembelajaran
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya
tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan
Kelebihan
1. Siswa bekerja sama dalam mencapai tujuan dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok.
2. Siswa aktif membantu dan memotivasi semangat untuk berhasil bersama.
3. Aktif berperan sebagai tutor sebaya untuk lebih meningkatkan keberhasilan kelompok.
4. Interaksi antar siswa seiring dengan peningkatan kemampuan mereka dalam berpendapat.
Kekurangan
1. Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk siswa sehingga sulit mencapai target kurikulum.
2. Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk guru sehingga pada umumnya guru tidak mau menggunakan pembelajaran kooperatif.
3. Membutuhkan kemampuan khusus guru sehingga tidak semua guru dapat melakukan pembelajaran kooperatif.
4. Menuntut sifat tertentu dari siswa, misalnya sifat suka bekerja sama.
4 komentar
OK,, mas Hamdan linknya sudah saya pasang! silakan dicek
Balas@Panderun Okk trima kasih
BalasSeep Mas, Baner Mas Udah Di Pasang Juga... Terimakasih Sudah Mau Pasng Baner Saya Di Blog Mas..
Balas@Derbie Ocee mas
BalasTerima kasih sahabat HGS INFORMASI
NO SPAM
NO LINK AKTIF