Label:
Kumpulan METODE,
Metode Pembelajaran
Keberhasilan proses
pembelajaran di antaranya sangat dipengaruhi oleh kegiatan pendahuluan
pembelajaran. Fungsi kegiatan pendahuluan pembelajaran atau pra-instruksional
fungsinya adalah untuk menciptakan awal pembelajaran yang efektif agar siswa
siap secara penuh dalam mengikuti kegiatan inti pembelajaran.
Dengan waktu yang relatif
singkat guru harus dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terhadap
terbentuknya kondisi awal belajar siswa yang efektif.
Beberapa kegiatan pendahuluan
yang perlu dilakukan dalam pembelajaran, di antaranya sebagai berikut.
1.
Menciptakan kondisi awal pembelajaran.
Untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang baik, perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh guru, upaya di antaranya:
Untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang baik, perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh guru, upaya di antaranya:
1.
Menciptakan semangat dan kesiapan belajar, upaya
ini dapat diwujudkan melalui bimbingan dari guru pada siswa. Atau melalui cara
dan teknik yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran.
2.
Menciptakan suasana demokrasi dalam belajar,
upaya ini dapat diwujud-kan melalui cara, dan teknik yang digunakan guru dalam
mendorong siswa agar berkreatif, dalam belajar dan mengembangkan keunggulan
yang dimiliki siswa.
2.
Melaksanakan apersepsi dan atau penilaian
kemampuan awal siswa.
Kegiatan ini lebih menekankan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal yang telah dimiliki siswa. Serta guru perlu menghubungkan materi pelajaran yang telah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari siswa. Dengan tidak mengenyampingkan pemberian motivasi belajar terhadap siswa. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian yang perlu dikembangkan pada awal pembelajaran.
Kegiatan ini lebih menekankan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal yang telah dimiliki siswa. Serta guru perlu menghubungkan materi pelajaran yang telah dimiliki siswa dengan materi yang akan dipelajari siswa. Dengan tidak mengenyampingkan pemberian motivasi belajar terhadap siswa. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian yang perlu dikembangkan pada awal pembelajaran.
Kegiatan Inti dalam Pembelajaran
Kegiatan inti dalam
pembelajaran memegang peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
telah ditetapkan dalam kurikulum. Oleh karena itu, kegiatan inti dalam
pembelajaran merupakan kegiatan yang kompleks dalam proses belajar mengajar
yang mengutamakan pada proses pembentukan pengalaman belajar siswa.
Kegiatan inti dalam
pembelajaran harus direncanakan oleh guru berdasarkan pada kurikulum yang
berlaku. Dengan memprioritaskan pada aktivitas siswa yang dibimbing secara
efektif oleh guru.
1.
Pembelajaran klasikal, digunakan apabila materi
pembelajarannya lebih bersifat fakta atau informatif. Terutama ditujukan untuk
memberikan informasi atau sebagai pengantar dalam proses belajar mengajar.
Sehingga cenderung metode ceramah dan tanya jawab yang akan banyak digunakan.
2.
Pembelajaran kelompok, digunakan apabila materi
pelajarannya lebih mengembangkan konsep pokok/sub-pokok bahasan yang sekaligus
mengembangkan aktivitas sosial, sikap nilai, kerja sama, dan aktivitas dalam
pemecahan masalah melalui kelompok belajar siswa. Pembelajaran perseorangan,
digunakan apabila ingin membantu proses belajar mengajar yang mengarah pada
optimalisasi kemampuan siswa secara individu. Serta untuk melaksanakan kegiatan
pengayaan dan perbaikan hasil proses belajar mengajar.
Kegiatan akhir dan tindak
lanjut pembelajaran harus direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis,
efektif, efisien, dan fleksibel.
Kegiatan akhir dan tindak
lanjut pembelajaran harus merupakan rangkaian kegiatan pendahuluan dan kegiatan
inti pembelajaran.
Kegiatan-kegiatan yang harus
dilaksanakan dalam kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran adalah:
Terima kasih sahabat HGS INFORMASI
NO SPAM
NO LINK AKTIF